1.
Pentingnya
riset sebelum mengerjakan konsep iklan?
Biro iklan tidak hanya menghasilkan
iklan. Mereka pertama harus disewa oleh klien yang memiliki produk dan jasa
yang mereka ingin menjual. Dalam rangka untuk mendapatkan bisnis mereka, biro
iklan membuat presentasi
kepada calon klien yang menunjukkan beberapa ide untuk merek calon klien. Dalam
mempersiapkan sebuah presentasi, agen akan meneliti perusahaan klien, merek,
dan merek kompetitif utama dalam kategori yang sama. Riset yang dilakukan tidak terbatas pada uji kreativitas
saja.
Perusahaan berpeluang memperoleh manfaat yang besar dari penelitian atas data-data dan
informasi statistik (yang dijual oleh biro-biro pengumpul data) antara
lain : data mengenai jumlah
pembaca dan penonton/pendengar dari setiap media cetak dan elektronik, sehingga
perusahaan dan biro iklan yang disewanya akan dapat menentukan pilihan media
yang paling tepat untuk memuat iklan-iklannya. Perusahaan juga berkesempatan untuk mengendalikan lama
waktu munculnya sebuah iklan dengan menilai kapan saat-saat yang paling
memungkinkan bagi sasaran target untuk menyaksikan penayangan iklannya
Analisis
riset dasar?
1. Lakukan survey iklan
Anda bisa mengetahui kondisi iklan dengan cara membuat survey, melalui
angket, kuesioner atau wawancara langsung pada masyarakat. Dari kegiatan
tersebut Anda bisa mengetahui minat dan kebutuhan konsumen, yang telah diwakili
dari hasil survey yang didapatkan di lapangan. Semakin luas jangkauan
masyarakat yang Anda survey, maka semakin valid pula hasil yang diperoleh.
2. Amati perkembangan iklan
Anda bisa melakukan riset dengan mengamati perkembangan iklan yang ada
saat ini. Amati trend yang sedang banyak dicari masyarakat, dan amati pula
produk-produk yang sudah ada di pasaran. Hasil pengamatan bisa Anda jadikan
sebagai bahan pertimbangan, sebelum akhirnya melemparkan sebuah produk ke
pasaran.
3. Perhatikan tingkat persaingan pasar
Sebelum memasarkan produk, sebaiknya Anda
mengetahui tingkat persaingan yang ada di pasaran. Tawarkan inovasi baru untuk
memasuki pasar yang sudah dipenuhi para pesaing. Agar produk Anda tidak kalah
saing di tengah-tengah pasar yang sudah ramai.
.
2.
Ambil
contoh iklan niaga, analisis dan temukan konsepnya serta kesan?

Analisis dalam media promosi berbentuk iklan produk
new close up fire-freeze adalah mempertemukan kedua orang anak muda ini dalam
satu lift dimana ada ketertarikan antara siwanita menggunakan baju merah yang
mewakili warna fire dan pria menggunakan warna mewakili warna dari freeze.
Dalam konsep ini juga menunjukkan sensasi yang didapat menggunakan new close up
fire-freeze yang dapat dilihat dari kedekatan pria dan wanita ini.
Kesannya
jika menggunakan produk new close up fire-freeze kita dapat menarik lawan jenis
dengan kesegaran nafasnya yang begitu lama, bersih dan kuat. Kita menggunakan
produk ini juga dapat percaya diri untuk tertawa dengan lepas.
No comments:
Post a Comment