A.
BIDANG
Divisi
Hubungan Masyarakat ( Humas ) atau Public Relations
B.
PENDAHULUAN
Universitas Diponegoro Semarang,
merupakan perguruan tinggi yang mendidik mahasiswa dan mahasiswinya untuk
menjadi sumber daya manusia yang potensial dan professional.
Khususnya dalam program Diploma III
Hubungan Masyarakat ( Public Relations ), para mahasiswa dipersiapkan untuk
menjadi SDM yang mampu untuk langsung terjun dalam bidangnya, yaitu Public
Relations ( Humas ).
Sesuai kalender pendidikan Program
Diploma III Hubungan Masyarakat Universitas Diponegoro Semarang, setiap
mahasiswa dan mahasiswi diwajibkan untuk melaksanakan Praktek Kerja Lapangan
pada suatu Perusahaan, Lembaga, atau Instansi yang berkaitan dengan ilmu
kehumasan. Dengan mengikuti program KKP ini, diharapkan setiap mengerti
berbagai persoalan di dalam dunia kerja dan bagaimana menyelesaikan persoalan
tersebut dengan cara ikut terjun langsung secara aktif dalam kegiatan-kegiatan
Humas atau Public Relations yang
diadakan oleh perusahaan atau instansi yang dipilih.
Sebagai nyata mewujudkan Tri Dharma
perguruan tinggi, maka mahasiswa program D III Hubungan Masyarakat atau Public Relations UNDIP Semarang
mengadakan praktek kerja lapangan untuk menggali yang telah didapat, guna
menyandang predikat Ahli Madya yang siap pakai, berguna bagi bangsa dan Negara.
1
C.
LATAR BELAKANG
Dalam perkembangan Ilmu dan
Teknologi yang semakin maju telah membawa pengaruh yang besar di segala bidang,
salah satunya dalam bidang komunikasi. Sehingga dibutuhkan tenaga Ahli yang
bermutu untuk menghadapi persaingan yang semakin kompetitif. Salah satunya
unsure penting senantiasa harus diperhatikan oleh suatu perusahaan untuk
menghadapi persaingan global adalah sebagaimana menjaga citra dan membina
hubungan baik dari perusahaan tersebut. Oleh sebab itu maka diperlukan sumber
daya yang berkualitas, yang mempunyai kemampuan memadai dalam menghadapi
perkembangan. Hal inilah yang menjadi tugas seorang Public Relations Officer dalam suatu perusahaan.
Public
Relations ( PR ) atau sering
disebut Hubungan Masyarakat ( Humas ) menjadi salah satu bagian dari sebuah
perusahaan. Dalam keberadaannya, Humas harus menjaga identitas perusahaan dan
mengkomunikasikan informasi kepada publiknya, agar publik menaruh kepercayaan
terhadap perusahaan dan memiliki pemahaman tentang perusahaan. Humas sebagai
jembatan atau media antara publik dan perusahaan, harus mengetahui apa yang
diinginkan publik terhadap perusahaan, dan perusahaan berusaha menjawab apa
yang diinginkan oleh publik dengan program-program yang sesuai. Pada dasarnya
tujuan umum dari program-program dan berbagai aktifitas PR adalah menciptakan
hubungan harmonis antar organisasi atau perusahaan dengan publiknya, dan hasil
yang diharapkan adalah terciptanya citra positif, kemauan baik, saling
menghargai, saling pengertian, dan toleransi antara kedua belah pihak.
Keberadaan Humas di Instansi atau
Perusahaan merupakan keharusan, baik secara fungsional maupun operasional yang
mampu bertindak sebagai public information, public affair dan public
communication dalam upaya penyebarluasan atau mempublikasikan tentang kegiatan
dan program pembangunan pada instansi yang bersangkutan, baik ditujukan kepada
publik internal maupun eksternal. Seperti halnya pada public relations ( Humas ) Hotel
Ciputra Semarang.
2
Hotel
Ciputra Semarang sebagai hotel internasional bintang lima ini
terletak strategis di Simpang Lima, di jantung kota Semarang, hanya 15 menit
dari bandara internasional Semarang, tepat di tengah-tengah distrik bisnis yang
sibuk, area perbelanjaan dan zona industri. Hotel ini terletak di depan Mal
Ciputra, pusat perbelanjaan paling besar dan paling lengkap di Semarang.
Hotel
Ciputra Semarang, melalui komitmen dan dedikasi perusahaan untuk terus menjadi
yang terdepan dan terbaik dalam mengembangkan hunian yang berlokasi di tengah
kota memiliki Visi dan Misi sebagai
motivasi dalam bekerja untuk memberi pelayanan terhadap masyarakat atau
pemangku kepentingan lainnya.
Visi
Mengembangkan
sebuah grup bisnis properti dengan inovasi dan kreativitas yang tinggi secara
terus menerus dalam menciptakan nilai tambah dalam penyediaan ruang kehidupan
dan kesejahteraan yang lebih baik lagi bagi masyarakat dan para stakeholder.
Misi
Menjadi
yang terbaik dan terdepan dalam bisnis properti dengan mengembangkan pusat
bisnis, komunitas dan gaya hidup yang paling unggul, profesional dan
menguntungkan sehingga menjadi pilihan utama bagi para konsumen, menjadi tempat
kerja yang paling menarik dan menantang bagi para karyawan, menjadi investasi
yang paling menguntungkan bagi para pemegang saham dan menjadi berkat yang
nyata bagi masyarakat dan tanah air.
3
Kuliah Kerja Praktek merupakan salah
satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa dan mahasiswi, mengingat
ilmu tidak hanya dipelajari di sekolah atau di perkuliahan melainkan juga harus
terjun langsung secara aktif ke lapangan agar benar-benar memahami situasi
dunia kerja sebenarnya.
Dengan adanya KKP ini diharapkan
mahasiswa mendapatkan pengalaman kerja serta menerapkan teori atau ilmu yang
telah didapat diperkuliahan untuk menjadi tenaga ahli yang potensial dan
professional.
Oleh karena itu, saya Nurul Ahmad
Ghozali, Mahasiswa Diploma III Hubungan Masyarakat ( Public Relations ) bermaksud untuk menjalankan Hotel Ciputra Semarang.
D.
DASAR KEGIATAN
Dasar Kegiatan dari Kuliah Kerja
Praktek ini adalah:
1. Melaksanakan
Tri Dharma Perguruan Tinggi agar dapat menyiapkan tenaga yang terampil dan
cakap untuk memangku jabatan yang memerlukan pendidikan tinggi dan mandiri
dalam memelihara, mewujudkan, memajukan, dan mengembangkan ilmu pengetahuan.
2. Kegiatan
KKP ini merupakan salah satu persyaratan untuk menyelesaikan pendidikan Program
Studi Diploma III Hubungan Masyarakat Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Diponegoro Semarang.
4
E.
TUJUAN
1. Tujuan
Umum
Agar
mahasiswa dan mahasiswi mendapatkan pengalaman kerja yang relevan, sehingga memiliki pengetahuan, sikap, dan keterampilan di
bidangnya.
2. Tujuan
Khusus
·
Meningkatkan keterampilan dan wawasan
khususnya di bidang kepegawaian dalam posisi Humas
·
Menambah pengalaman dan pemahaman di
bidang kehumasan dengan menjalankan fungsi dan program kehumasan secara
langsung.
·
Mengetahui prospek dan sistem di bidang
kepegawaian dalam posisi Humas.
F.
NAMA KEGIATAN
Nama kegiatan adalah Kuliah Kerja Praktek ( KKP atau On the Job Training ). Kegiatan
Kuliah Kerja Praktek terpadu ini dilakukan melalui Magang di Hotel Ciputra
Semarang, divisi Kehumasan, untuk melakukan pengamatan
maupun melaksanakan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan Public
Relations pada institusi tersebut.
5
G.
TEMPAT PELAKSANAAN
Tempat pelaksanaan mengikuti KKP ini
adalah :
Hotel Ciputra Semarang
Alamat:
Jalan Simpang Lima PO BOX 1288 Semarang Indonesia.
H.
WAKTU PELAKSANAAN
Waktu
Pelaksanaan Kuliah Kerja Praktek, yaitu pada tanggal 14 Januari 2013 – 8 Maret
2013.
I.
PELAKSANA
Nama :
Nurul Ahmad Ghozali
NIM :
14030110060050
Fakultas : Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program & Jurusan : D III. Hubungan Masyarakat (Public Relations)
Alamat : JL. Candi Sukuh, Rt.05 Rw.IV,
Ngalian, Semarang
Telepon : 085727373451
Email : nurul.ahmadghozali@ymail.com
6
J.
BENTUK KEGIATAN
Dalam melaksanakan KKP, mahasiswa
diharapkan melakukan studi kasus, yaitu mengangkat suatu kasus yang dijumpai
ditempat kerja praktek menjadi suatu kajian yang sesuai dengan bidang keahlian
yang ada ataupun melakukan pengamatan terhadap kerja suatu proses atau aplikasi
untuk kemudian dikaji sesuai dengan bidang keahlian yang dimiliki.
Untuk mendukung Praktek Kerja
Lapangan dan kajian akan dilakukan, maka dapat dikategorikan dengan beberapa
metode pelaksanaan. Antara lain :
1. Wawancara dan Diskusi
2. Studi Pustaka
3. Melakukan pengamatan langsung
Sistem Praktek Kerja Lapangan yang
akan dilaksanakan disesuaikan dengan kondisi lapangan yang ada, atau sesuai
dengan yang ditentukan oleh pihak Hotel
Ciputra Semarang. Selama melakukan KKP ini, saya akan menaati peraturan yang
ditetapkan oleh pihak perusahaan, dan data-data yang diperoleh selama KKP akan
dijaga kerahasiaannya dan tidak akan disebarluaskan melainkan hanya digunakan
semata-mata sebagai kelengkapan penulisan laporan saja. Dan laporan tersebut
telah diperiksa serta disetujui oleh pihak perusahaan.
7
K.
MATERI KKP
1.
Media
Relations
·
Mahasiswa dilibatkan dalam pertemuan
antara media dengan pihak Hotel Ciputra Semarang, agar mahasiswa dapat membantu
dan mengamati bagaimana Hotel Ciputra Semarang dalam melakukan konferensi pers
dengan media.
·
Mahasiswa dilibatkan untuk dapat
membantu dan mengamati bagaimana Hotel Ciputra Semarang membuat Press
Release yaitu berita atau informasi mengenai kegiatan yang dilakukan oleh Hotel
Ciputra Semarang untuk selanjutnya dipublikasikan ke media baik cetak maupun
internet.
·
Mahasiswa ditugaskan untuk mencari dan
menganalisis baerita yang berkaitan dengan Hotel Ciputra Semarang melalui media
internet ataupun media cetak, yang nantinya akan dipilih dan di kliping untuk
dijadikan arsip bagi instansi.
2.
Employee
Relations
·
Mahasiswa harus dapat berinteraksi
dengan para pegawai Hotel Ciputra Semarang terutama pada bagian divisi
kehumasan secara langsung dalam rangka membangun hubungan yang harmonis dan
menciptakan suasana kerja yang kondusif demi kenyamanan bersama. Karena Public Relations harus dapat beradaptasi
dan menciptakan komunikasi yang baik dengan berbagai pihak terutama para
pegawai.
·
Mahasiswa turut serta membantu
melaksanakan program kehumasan pada Hotel Ciputra Semarang, serta melakukan
tahap kerja humas dalam penanganan masalah ataupun krisis yang terjadi. Dimana
kerja Humas yang utama adalah menyebarkan informasi kepada stakeholder antara
lain masyarakat, pegawai dan wartawan.
·
Mahasiswa disertakan dalam rapat dengan
berbagai divisi yang ada di Hotel Ciputra Semarang, agar mahasiswa dapat
mengamati dan terbiasa dengan kegiatan yang langsung berhubungan dengan para
pegawai instansi.
8
3.
Customer
Relations
·
Mahasiswa dilibatkan untuk ikut serta
dalam membantu pelayanan online yang
dapat diakses oleh masyarakat. Diharapkan mahasiswa dapat belajar untuk
memberikan solusi kepada masyarakat yang dibimbing langsung oleh pegawai atau staff yang bersangkutan.
·
Mahasiswa diberikan kesempatan untuk
melakukan praktek pada divisi yang lain yakni pada sub. Bidang pelayanan
konsumen pada call center 62-24 8449888,
agar dapat berinteraksi langsung dan sedikit atau banyak mengetahui bagaimana
menghadapi klien atau permohonan yang membutuhkan informasi.
9
L.
METODE BIMBINGAN
Bimbingan Kuliah Kerja Praktek ini
diberikan oleh :
1. Dosen
pembimbing mempunyai fungsi memberikan bimbingan secara akademis
2. Pihak
perusahaan atau instansi yang ditunjuk untuk memberikan bimbingan, pengawasan
dan arahan tentang semua materi Kuliah Kerja Praktek.
M.
EVALUASI
Evaluasi dari hasil Kuliah Kerja
Praktek ini akan dilakukan oleh dosen pembimbing Kuliah Kerja Praktek yang
dapat di indikasikan dalam berbagai hal. Antara lain :
1. Moralitas
mahasiswa yang meliputi kejujuran, tanggung jawab, dan disiplin selama
pelaksanaan Kuliah Kerja Praktek.
2. Pengetahuan
serta keterampilan mahasiswa atas pekerjaan yang dibebankan selama pelaksanaan
Kuliah Kerja Praktek.
3. Kemampuan
bersosialisasi mahasiswa dalam beradaptasi dan bekerjasama dengan organisasi
atau instansi tempat pelaksanaan Kuliah Kerja Praktek.
4. Kemampuan
untuk melaksanakan tugas tepat waktu serta cermat secara professional.
10
N.
PENUTUP
Demikian beberapa hal yang perlu
dijadikan pertimbangan dan acuan dalam kerjasama antara pengelola program D III
Hubungan Masyrakat ( Public Relations
) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro Semarang agar
dapat terlaksana dengan baik. Diharapkan kegiatan ini bermanfaat dan dapat
memberikan ilmu pengetahuan dan pengalaman bagi kami sebagai mahasiswa turut serta dalam
menciptakan sumber daya manusia yang potensial dan professional.
Atas
kerjasama dan perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.
11
LAMPIRAN PENGESAHAN
Diajukan
guna memenuhi tugas Kuliah Kerja Praktek ( KKP )
Program
Studi Hubungan Masyarakat ( Public
Relations )
Fakultas
Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro. Semarang.
Semarang, 28 November 2012
Dosen Pembimbing

NIP. 19760130.200312.1.002
Mengetahui,
Menyetujui,
Ketua Program Studi
D III Hubungan Masyarakat


NIP. 19760130.200312.1.002
Proposal Kuliah Kerja Praktek (KKP)
/ Magang
Hotel Ciputra Semarang

Disusun
Oleh:
Nurul
Ahmad Ghozali (14030110060050)
D III. Hubungan Masyarakat/ Public Relations
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu
Politik
Universitas Diponegoro, Semarang.
2012-2013
sangat bermanfaat... :-)
ReplyDeletethanks mas bro
Deletemaaksi uda nge-share, buat referensi pengajuan proposal sy.
ReplyDeletemakasih yah...
ReplyDeletesangatt manfaat, buat ngajuin proposal sya..
salam dari timika papua