Disusun
oleh:
1. Nurul
Ahmad Ghozali 14030110060050
2. Ragil
Indah Wulandari 14030110060055
3. Muhammad
Syuhada 14030110060061
4. Tri
Ajeng Yanuaresti W. 14030110060062
5. Dhaniati
14030110060066
6. Galih
Permana Putra 14030110060081
7. Andi
Chandra 14030110060088
8. Try
Adimas Nurcahya 14030110060095
PROGRAM
STUDI DIIII HUBUNGAN MASYARAKAT
FAKULTAS
ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS
DIPONEGORO
SEMARANG
2012
A.
Tema : Close Change Your Life
B.
Judul : Produksi video iklan close up
C. Latar
Belakang
Pergaulan
yang semakin beragam yang menuntut anak muda saat ini untuk memiliki senyum
yang menawan dengan nafas yang segar dan gigi putih bersih terawat. Hal itu
saat ini merupakan kebutuhan untuk dapat bersosialisasi dengan lingkungan
sekitarnya, sehingga mampu menumbuhkan rasa kepercayaan diri yang tinggi untuk
dirinya.
Dengan
tingginya tuntutan dan kebutuhan tersebut diperlukan solusi yang tepat untuk
masalah tersebut salah satu solusi yang banyak dipilih oleh masyarakat untuk
meenyelesaikan masalah tersebut adalah pemilihan pasta gigi yang tepat. Pasta
gigi close up menawarkan solusi tersebut karena Close Up mengandung senyawa
abrasif untuk membersihkan gigi, deterjen yang menyebabkan busa, serta flour.
Flour adalah zat yang harus ada pada pasta gigi yang Anda pakai karena sangat
berguna untuk mencegah luruhnya mineral-mineral pada permukaan gigi serta
mengurangi produksi asam oleh bakteri mulut. Hal ini berarti mengurangi
kemungkinan terjadinya gigi berlubang. Ada pula pasta gigi yang mengandung soda
(baking soda). Senyawa ini berguna untuk menurunkan kadar keasaman dalam rongga
mulut.
Triclosan
adalah senyawa anti bakteri yang berguna untuk mengontrol plak. Ada pasta gigi
yang mengandung enzim-enzim tertentu, ini berguna untuk meningkatkan kemampuan
air liur membunuh bakteri. Masih banyak senyawa-senyawa lain dalam pasta gigi
yang beredar saat ini yang masing-masing mempunyai kegunaan tersendiri.
Kesemuanya itu mempunyai satu tujuan yaitu untuk mencegah terjadinya plak dan
gigi berlubang. Sebenarnya semua pasta gigi itu baik. Yang paling penting
adalah sikat gigi secara teratur dan benar, minimal dua kali sehari, paling
baik adalah setiap setelah makan dan setelah mengasup makanan yang manis-manis.
Banyaknya
tren iklan audio visual yang menampilkan manfaat pasta gigi di Indonesia
membuat persaingan dalam memasarkan produk Indonesia menutut kerja keras dan
kreativitas yang tinggi agar dapat menarik calon konsumen dan memiliki trend
merk yang membedakan iklan audio visual Close Up berbeda dengan para
kompetitornya. .
D. Tujuan
Produksi
video iklan close up ini bertujuan untuk memberikan kesadaran dan pengetahuan di masyarakat, baik
yang telah mengenal maupun belum mengenal produk close up. Dengan adanya video iklan
ini, diharapkan dapat pula menarik minat masyarakat untuk menggunakan produk
pasta gigi close up dan merasakan manfaatnya sehingga dapat memberikan dampak
positif terhadap produk pasta gigi close up.
E.
KONSEP
PRODUKSI
·
Opening
Pengambilan
gambar diawali dengan pengambilan latar didesa pada sore hari. Area persawahan.
Seorang gadis desa sedang duduk di gubuk yang ada disawah, kemudian dari jauh
terlihat seorang pemuda desa yang ingin bertemu dengan gadis tersebut. Gadis
desa itupun terlihat sangat bahagia dan ceria melihat kedatangan pemuda
tersebut. Layaknya pasangan yang sedang kasmaran mereka berlari untuk
menghampiri satu sama lainnya.
· Middle
Pengambilan
gambar ketika pemuda tersebut berbicara dengan gadis desa, tiba-tiba gadis
tersebut raut muka gadis desa tersebut langsung berubah karena ternyata nafas
pemuda tersebut mengeluarkan bau yang tidak enak.
·
Ending
Video
Iklan close up ini ditutup dengan setelah kembali kedesa, pemuda tersebut
menjadi idola di desanya dan banyak gadis yang tergila-gila kepada pemuda tersebut.
Dengan percaya dirinya gadis desa yang dulu meninggalkan pemuda tersebut
menghampiri pemuda itu lagi , tetapi sayangnya pemuda tersebut tidak berminat
lagi dengan gadis yang dulu meninggalkannya karena dia telah memiliki
gadis-gadis lain.
F.
HASIL
RISET
Berdasarkan
riset yang kami lakukan sebelum memulai proses produksi video iklan ini, kami
merasa bahwa produk pasta gigi close up layak untuk menjadi obyek dalam video iklan
ini. Hasil riset dari kuesioner yang kami dapatkan.
FORMAT DAN DURASI
Video
iklan yang kami produksi ini berbentuk video AVI dengan durasi sepanjang 1,5
menit
G.
KRU
PRODUKSI
1.
Produser :
Dhaniati
Line Produser : Ragil Indah Wulandari
2.
Sutradara : Tri
Ajeng Yanuaresti W.
3.
Camera Person 1 : Muhammad
Syuhada
Camera Person 2 : Galih Permana
4.
Editor
dan Narator : Try
Adimas
5.
Penulis
Naskah : Nurul
Ahmad Ghozali
6.
Property : Andi
Chandra
H.
JADWAL
PRA PRODUKSI
No
|
Kegiatan
|
Tanggal
|
Waktu
|
Tempat
|
PJ
|
1.
|
Rapat awal kru
produksi
|
23/10/2012
|
17.00-20.00
|
Kost TriAjeng
|
Ajeng
|
2.
|
Riset di Lokasi produksi
|
26/10/2012
|
16.00-17.00
|
Perumahan srondol
bumi indah
|
Semua anggota
|
3.
|
Konsultasi konsep dan
kuesioner
|
30/10/2012
|
10.00-11.00
|
Kampus
|
Semua anggota
|
4.
|
Rapat Kru produksi
|
13/11/2012
|
09.00-11.00
|
Kampus
|
Semua anggota
|
7.
|
Perencanaan proposal
|
1/12/2012
|
15.00-17.00
|
Kost Dhaniati
|
Dhaniati
|
8.
|
Perencanaan proposal
|
2/11/2012
|
15.00-17.00
|
Rumah Wulan
|
Wulan
|
I.
STANDARD SEQUENCE GUIDE
No
|
Video
|
Audio
|
Durasi (s)
|
||
Deskripsi
|
T.O.S
|
Narasi
|
Ilustrasi Musik
|
||
1.
|
·
Pemuda desa
·
Suasana
di persawahaan
desa (langit, suasana sawah,
padi)
·
Seorang pemuda desa tersenyum
|
·
Long Shot
·
Close up
|
|
Bunyi suara
burung berkicau
Hembusan
angin
|
|
2.
|
·
Seorang gadis desa
yang sedang duduk di gubug sawah (padi, sawah, gubug sawah )
·
Gadis desa tersenyum
|
·
Middle
Shot
·
Close up
|
|
Suara burung berkicau
|
|
3.
|
· Pemuda
desa dan gadis desa lari menghampiri satu sama lain
· Pemuda desa dan gadis
desa berpelukan
· Tiba-tiba gadis desa
memasang wajah tidak enak dan meninggalkan pemuda tersebut
|
·
Long shot & slow
motion
·
Close up & slow
motion
·
Middle shot
|
|
The
carpenters – close to you
The
carpenters – close to you
Kaset kusut
|
|
4.
|
·
Pemuda desa merantau
ke kota
·
Pemuda desa menemukan
toko yang menjual produk Close Up
·
Pemuda desa
menggunakan Close Up
· Pemuda
merasa percaya diri jalan di jalanan dan dilirik wanita-wanita
|
·
Middle
Shot
·
Long shot
·
Middle shot
·
Close up & long
shot
|
|
suara bus
dan kendaraan
suara menyikat gigi
riot rhytem
|
|
5.
|
·
pemuda kembali ke
desa
·
pemuda desa menjadi
idola di desa
·
gadis desa bertemu
pemuda desa tersebut dan ingin kembali menjadi pacarnya
·
pemuda desa
mengandeng wanita –wanita lain
|
Middle shot
& long shot
Long shot
Middle shot
Long shot
|
|
Train –
drive by
|
|
No comments:
Post a Comment