Search This Blog

Wednesday, November 28, 2012

CONTOH TUGAS TEKNIK PERIKLANAN



1.      Pentingnya riset sebelum mengerjakan konsep iklan?
Biro iklan tidak hanya menghasilkan iklan. Mereka pertama harus disewa oleh klien yang memiliki produk dan jasa yang mereka ingin menjual. Dalam rangka untuk mendapatkan bisnis mereka, biro iklan membuat presentasi kepada calon klien yang menunjukkan beberapa ide untuk merek calon klien. Dalam mempersiapkan sebuah presentasi, agen akan meneliti perusahaan klien, merek, dan merek kompetitif utama dalam kategori yang sama. Riset yang dilakukan tidak terbatas pada uji kreativitas saja.
 Perusahaan berpeluang memperoleh manfaat yang besar dari penelitian atas data-data dan informasi statistik (yang dijual oleh biro-biro pengumpul data) antara lain : data mengenai jumlah pembaca dan penonton/pendengar dari setiap media cetak dan elektronik, sehingga perusahaan dan biro iklan yang disewanya akan dapat menentukan pilihan media yang paling tepat untuk memuat iklan-iklannya. Perusahaan juga berkesempatan untuk mengendalikan lama waktu munculnya sebuah iklan dengan menilai kapan saat-saat yang paling memungkinkan bagi sasaran target untuk menyaksikan penayangan iklannya
Analisis riset dasar?
1.      Lakukan survey iklan
Anda bisa mengetahui kondisi iklan dengan cara membuat survey, melalui angket, kuesioner atau wawancara langsung pada masyarakat. Dari kegiatan tersebut Anda bisa mengetahui minat dan kebutuhan konsumen, yang telah diwakili dari hasil survey yang didapatkan di lapangan. Semakin luas jangkauan masyarakat yang Anda survey, maka semakin valid pula hasil yang diperoleh.
2. Amati perkembangan iklan
Anda bisa melakukan riset dengan mengamati perkembangan iklan yang ada saat ini. Amati trend yang sedang banyak dicari masyarakat, dan amati pula produk-produk yang sudah ada di pasaran. Hasil pengamatan bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan, sebelum akhirnya melemparkan sebuah produk ke pasaran.
3. Perhatikan tingkat persaingan pasar
Sebelum memasarkan produk, sebaiknya Anda mengetahui tingkat persaingan yang ada di pasaran. Tawarkan inovasi baru untuk memasuki pasar yang sudah dipenuhi para pesaing. Agar produk Anda tidak kalah saing di tengah-tengah pasar yang sudah ramai.
.
2.      Ambil contoh iklan niaga, analisis dan temukan konsepnya serta kesan?
Analisis  dalam media promosi berbentuk iklan produk new close up fire-freeze adalah mempertemukan kedua orang anak muda ini dalam satu lift dimana ada ketertarikan antara siwanita menggunakan baju merah yang mewakili warna fire dan pria menggunakan warna mewakili warna dari freeze. Dalam konsep ini juga menunjukkan sensasi yang didapat menggunakan new close up fire-freeze yang dapat dilihat dari kedekatan pria dan wanita ini.
Kesannya jika menggunakan produk new close up fire-freeze kita dapat menarik lawan jenis dengan kesegaran nafasnya yang begitu lama, bersih dan kuat. Kita menggunakan produk ini juga dapat percaya diri untuk tertawa dengan lepas.

No comments:

Post a Comment