Search This Blog

Monday, December 3, 2012

TEKNIK PERIKLANAN “ CLOSE UP” PROPOSAL


Disusun oleh:
1.     Nurul Ahmad Ghozali             14030110060050
2.     Ragil Indah Wulandari             14030110060055
3.     Muhammad Syuhada              14030110060061
4.     Tri Ajeng Yanuaresti W.          14030110060062
5.     Dhaniati                                  14030110060066
6.     Galih Permana Putra               14030110060081
7.     Andi Chandra                          14030110060088
8.     Try Adimas Nurcahya             14030110060095

PROGRAM STUDI DIIII HUBUNGAN MASYARAKAT
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS DIPONEGORO
SEMARANG
2012

A.    Tema                  : Close Change Your Life

B.     Judul                : Produksi video iklan close up


C.    Latar Belakang
Pergaulan yang semakin beragam yang menuntut anak muda saat ini untuk memiliki senyum yang menawan dengan nafas yang segar dan gigi putih bersih terawat. Hal itu saat ini merupakan kebutuhan untuk dapat bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya, sehingga mampu menumbuhkan rasa kepercayaan diri yang tinggi untuk dirinya.
Dengan tingginya tuntutan dan kebutuhan tersebut diperlukan solusi yang tepat untuk masalah tersebut salah satu solusi yang banyak dipilih oleh masyarakat untuk meenyelesaikan masalah tersebut adalah pemilihan pasta gigi yang tepat. Pasta gigi close up menawarkan solusi tersebut karena Close Up mengandung senyawa abrasif untuk membersihkan gigi, deterjen yang menyebabkan busa, serta flour. Flour adalah zat yang harus ada pada pasta gigi yang Anda pakai karena sangat berguna untuk mencegah luruhnya mineral-mineral pada permukaan gigi serta mengurangi produksi asam oleh bakteri mulut. Hal ini berarti mengurangi kemungkinan terjadinya gigi berlubang. Ada pula pasta gigi yang mengandung soda (baking soda). Senyawa ini berguna untuk menurunkan kadar keasaman dalam rongga mulut.
Triclosan adalah senyawa anti bakteri yang berguna untuk mengontrol plak. Ada pasta gigi yang mengandung enzim-enzim tertentu, ini berguna untuk meningkatkan kemampuan air liur membunuh bakteri. Masih banyak senyawa-senyawa lain dalam pasta gigi yang beredar saat ini yang masing-masing mempunyai kegunaan tersendiri. Kesemuanya itu mempunyai satu tujuan yaitu untuk mencegah terjadinya plak dan gigi berlubang. Sebenarnya semua pasta gigi itu baik. Yang paling penting adalah sikat gigi secara teratur dan benar, minimal dua kali sehari, paling baik adalah setiap setelah makan dan setelah mengasup makanan yang manis-manis.

Banyaknya tren iklan audio visual yang menampilkan manfaat pasta gigi di Indonesia membuat persaingan dalam memasarkan produk Indonesia menutut kerja keras dan kreativitas yang tinggi agar dapat menarik calon konsumen dan memiliki trend merk yang membedakan iklan audio visual Close Up berbeda dengan para kompetitornya.    .
D.    Tujuan
Produksi video iklan close up ini bertujuan untuk memberikan  kesadaran dan pengetahuan di masyarakat, baik yang telah mengenal maupun belum mengenal produk close up. Dengan adanya video iklan ini, diharapkan dapat pula menarik minat masyarakat untuk menggunakan produk pasta gigi close up dan merasakan manfaatnya sehingga dapat memberikan dampak positif terhadap produk pasta gigi close up.
E.     KONSEP PRODUKSI
·         Opening
Pengambilan gambar diawali dengan pengambilan latar didesa pada sore hari. Area persawahan. Seorang gadis desa sedang duduk di gubuk yang ada disawah, kemudian dari jauh terlihat seorang pemuda desa yang ingin bertemu dengan gadis tersebut. Gadis desa itupun terlihat sangat bahagia dan ceria melihat kedatangan pemuda tersebut. Layaknya pasangan yang sedang kasmaran mereka berlari untuk menghampiri satu sama lainnya.
·      Middle
Pengambilan gambar ketika pemuda tersebut berbicara dengan gadis desa, tiba-tiba gadis tersebut raut muka gadis desa tersebut langsung berubah karena ternyata nafas pemuda tersebut mengeluarkan bau yang tidak enak.
·         Ending
Video Iklan close up ini ditutup dengan setelah kembali kedesa, pemuda tersebut menjadi idola di desanya dan banyak gadis yang tergila-gila kepada pemuda tersebut. Dengan percaya dirinya gadis desa yang dulu meninggalkan pemuda tersebut menghampiri pemuda itu lagi , tetapi sayangnya pemuda tersebut tidak berminat lagi dengan gadis yang dulu meninggalkannya karena dia telah memiliki gadis-gadis lain.

F.     HASIL RISET
Berdasarkan riset yang kami lakukan sebelum memulai proses produksi video iklan ini, kami merasa bahwa produk pasta gigi close up layak untuk menjadi obyek dalam video iklan ini. Hasil riset dari kuesioner yang kami dapatkan.
 FORMAT DAN DURASI
Video iklan yang kami produksi ini berbentuk video AVI dengan durasi sepanjang 1,5 menit
G.    KRU PRODUKSI
1.      Produser                            : Dhaniati
Line Produser                    : Ragil Indah Wulandari
2.      Sutradara                           : Tri Ajeng Yanuaresti W.
3.      Camera Person 1               : Muhammad Syuhada
Camera Person 2               : Galih Permana
4.      Editor dan Narator                        : Try Adimas
5.      Penulis Naskah                  : Nurul Ahmad Ghozali
6.      Property                            : Andi Chandra 
H.    JADWAL PRA PRODUKSI
No
Kegiatan
Tanggal
Waktu
Tempat
PJ
1.
Rapat awal kru produksi
23/10/2012
17.00-20.00
Kost TriAjeng
Ajeng
2.
Riset di Lokasi produksi
26/10/2012
16.00-17.00
Perumahan srondol bumi indah
Semua anggota
3.
Konsultasi konsep dan kuesioner
30/10/2012
10.00-11.00
Kampus
Semua anggota
4.
Rapat Kru produksi
13/11/2012
09.00-11.00
Kampus
Semua anggota
7.
Perencanaan proposal
1/12/2012
15.00-17.00
Kost Dhaniati
Dhaniati
8.
Perencanaan proposal
2/11/2012
15.00-17.00
Rumah Wulan
Wulan

I.       STANDARD SEQUENCE GUIDE
No
Video
Audio
Durasi (s)
Deskripsi
T.O.S
Narasi
Ilustrasi Musik
1.
·      Pemuda desa
·      Suasana di  persawahaan desa (langit, suasana sawah, padi)
·      Seorang pemuda desa  tersenyum
·     Long Shot






·     Close up


Bunyi suara burung berkicau



Hembusan angin

2.
·      Seorang gadis desa yang sedang duduk di gubug sawah (padi, sawah, gubug sawah )
·      Gadis desa tersenyum
·     Middle Shot


·     Close up

Suara burung berkicau

3.
·       Pemuda desa dan gadis desa lari menghampiri satu sama lain
·       Pemuda desa dan gadis desa berpelukan


·       Tiba-tiba gadis desa memasang wajah tidak enak dan meninggalkan pemuda tersebut
·     Long shot & slow motion
·     Close up & slow motion

·     Middle shot



The carpenters – close to you


The carpenters – close to you


Kaset kusut

4.
·      Pemuda desa merantau ke kota
·      Pemuda desa menemukan toko yang menjual produk Close Up
·      Pemuda desa menggunakan Close Up
·      Pemuda merasa percaya diri jalan di jalanan dan dilirik wanita-wanita
·     Middle Shot
·     Long shot



·     Middle shot

·     Close up & long shot


suara  bus dan kendaraan




suara menyikat gigi


riot rhytem

5.
·      pemuda kembali ke desa
·      pemuda desa menjadi idola di desa
·      gadis desa bertemu pemuda desa tersebut dan ingin kembali menjadi pacarnya
·      pemuda desa mengandeng wanita –wanita lain
Middle shot & long shot

Long shot

Middle shot



Long shot










Train – drive by





No comments:

Post a Comment