Search This Blog

Sunday, December 2, 2012

Contoh Proposal Magang


A.   BIDANG
Divisi Hubungan Masyarakat ( Humas ) atau  Public Relations

B.   PENDAHULUAN
            Universitas Diponegoro Semarang, merupakan perguruan tinggi yang mendidik mahasiswa dan mahasiswinya untuk menjadi sumber daya manusia yang potensial dan professional.
            Khususnya dalam program Diploma III Hubungan Masyarakat ( Public Relations ), para mahasiswa dipersiapkan untuk menjadi SDM yang mampu untuk langsung terjun dalam bidangnya, yaitu Public Relations ( Humas ).
            Sesuai kalender pendidikan Program Diploma III Hubungan Masyarakat Universitas Diponegoro Semarang, setiap mahasiswa dan mahasiswi diwajibkan untuk melaksanakan Praktek Kerja Lapangan pada suatu Perusahaan, Lembaga, atau Instansi yang berkaitan dengan ilmu kehumasan. Dengan mengikuti program KKP ini, diharapkan setiap mengerti berbagai persoalan di dalam dunia kerja dan bagaimana menyelesaikan persoalan tersebut dengan cara ikut terjun langsung secara aktif dalam kegiatan-kegiatan Humas atau Public Relations yang diadakan oleh perusahaan atau instansi yang dipilih.
            Sebagai nyata mewujudkan Tri Dharma perguruan tinggi, maka mahasiswa program D III Hubungan Masyarakat atau Public Relations UNDIP Semarang mengadakan praktek kerja lapangan untuk menggali yang telah didapat, guna menyandang predikat Ahli Madya yang siap pakai, berguna bagi bangsa dan Negara.



1
C.   LATAR BELAKANG
            Dalam perkembangan Ilmu dan Teknologi yang semakin maju telah membawa pengaruh yang besar di segala bidang, salah satunya dalam bidang komunikasi. Sehingga dibutuhkan tenaga Ahli yang bermutu untuk menghadapi persaingan yang semakin kompetitif. Salah satunya unsure penting senantiasa harus diperhatikan oleh suatu perusahaan untuk menghadapi persaingan global adalah sebagaimana menjaga citra dan membina hubungan baik dari perusahaan tersebut. Oleh sebab itu maka diperlukan sumber daya yang berkualitas, yang mempunyai kemampuan memadai dalam menghadapi perkembangan. Hal inilah yang menjadi tugas seorang Public Relations Officer dalam suatu perusahaan.
            Public Relations ( PR ) atau sering disebut Hubungan Masyarakat ( Humas ) menjadi salah satu bagian dari sebuah perusahaan. Dalam keberadaannya, Humas harus menjaga identitas perusahaan dan mengkomunikasikan informasi kepada publiknya, agar publik menaruh kepercayaan terhadap perusahaan dan memiliki pemahaman tentang perusahaan. Humas sebagai jembatan atau media antara publik dan perusahaan, harus mengetahui apa yang diinginkan publik terhadap perusahaan, dan perusahaan berusaha menjawab apa yang diinginkan oleh publik dengan program-program yang sesuai. Pada dasarnya tujuan umum dari program-program dan berbagai aktifitas PR adalah menciptakan hubungan harmonis antar organisasi atau perusahaan dengan publiknya, dan hasil yang diharapkan adalah terciptanya citra positif, kemauan baik, saling menghargai, saling pengertian, dan toleransi antara kedua belah pihak.
            Keberadaan Humas di Instansi atau Perusahaan merupakan keharusan, baik secara fungsional maupun operasional yang mampu bertindak sebagai public information, public affair dan public communication dalam upaya penyebarluasan atau mempublikasikan tentang kegiatan dan program pembangunan pada instansi yang bersangkutan, baik ditujukan kepada publik internal maupun eksternal. Seperti halnya pada public relations ( Humas ) Hotel Ciputra Semarang.
           
2
Hotel Ciputra Semarang sebagai hotel internasional bintang lima ini terletak strategis di Simpang Lima, di jantung kota Semarang, hanya 15 menit dari bandara internasional Semarang, tepat di tengah-tengah distrik bisnis yang sibuk, area perbelanjaan dan zona industri. Hotel ini terletak di depan Mal Ciputra, pusat perbelanjaan paling besar dan paling lengkap di Semarang.
Hotel Ciputra Semarang, melalui komitmen dan dedikasi perusahaan untuk terus menjadi yang terdepan dan terbaik dalam mengembangkan hunian yang berlokasi di tengah kota memiliki Visi dan Misi  sebagai motivasi dalam bekerja untuk memberi pelayanan terhadap masyarakat atau pemangku kepentingan lainnya.

Visi
Mengembangkan sebuah grup bisnis properti dengan inovasi dan kreativitas yang tinggi secara terus menerus dalam menciptakan nilai tambah dalam penyediaan ruang kehidupan dan kesejahteraan yang lebih baik lagi bagi masyarakat dan para stakeholder.
Misi
Menjadi yang terbaik dan terdepan dalam bisnis properti dengan mengembangkan pusat bisnis, komunitas dan gaya hidup yang paling unggul, profesional dan menguntungkan sehingga menjadi pilihan utama bagi para konsumen, menjadi tempat kerja yang paling menarik dan menantang bagi para karyawan, menjadi investasi yang paling menguntungkan bagi para pemegang saham dan menjadi berkat yang nyata bagi masyarakat dan tanah air.




3
            Kuliah Kerja Praktek merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa dan mahasiswi, mengingat ilmu tidak hanya dipelajari di sekolah atau di perkuliahan melainkan juga harus terjun langsung secara aktif ke lapangan agar benar-benar memahami situasi dunia kerja sebenarnya.
            Dengan adanya KKP ini diharapkan mahasiswa mendapatkan pengalaman kerja serta menerapkan teori atau ilmu yang telah didapat diperkuliahan untuk menjadi tenaga ahli yang potensial dan professional.
            Oleh karena itu, saya Nurul Ahmad Ghozali, Mahasiswa Diploma III Hubungan Masyarakat ( Public Relations ) bermaksud untuk menjalankan Hotel Ciputra Semarang.


D.   DASAR KEGIATAN
            Dasar Kegiatan dari Kuliah Kerja Praktek ini adalah:
1.      Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi agar dapat menyiapkan tenaga yang terampil dan cakap untuk memangku jabatan yang memerlukan pendidikan tinggi dan mandiri dalam memelihara, mewujudkan, memajukan, dan mengembangkan ilmu pengetahuan.
2.      Kegiatan KKP ini merupakan salah satu persyaratan untuk menyelesaikan pendidikan Program Studi Diploma III Hubungan Masyarakat Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro Semarang.




4
E.   TUJUAN
1.      Tujuan Umum
Agar mahasiswa dan mahasiswi mendapatkan pengalaman kerja yang relevan, sehingga memiliki pengetahuan, sikap, dan keterampilan di bidangnya.
2.      Tujuan Khusus
·         Meningkatkan keterampilan dan wawasan khususnya di bidang kepegawaian dalam posisi Humas
·         Menambah pengalaman dan pemahaman di bidang kehumasan dengan menjalankan fungsi dan program kehumasan secara langsung.
·         Mengetahui prospek dan sistem di bidang kepegawaian dalam posisi Humas.


F.   NAMA KEGIATAN
            Nama kegiatan adalah Kuliah Kerja Praktek ( KKP atau On the Job Training ). Kegiatan Kuliah Kerja Praktek terpadu ini dilakukan melalui Magang di Hotel Ciputra Semarang, divisi Kehumasan, untuk melakukan pengamatan maupun melaksanakan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan Public Relations pada institusi tersebut.







5
G.   TEMPAT PELAKSANAAN
            Tempat pelaksanaan mengikuti KKP ini adalah :
Hotel Ciputra Semarang
Alamat: Jalan Simpang Lima PO BOX 1288 Semarang Indonesia.

H.   WAKTU PELAKSANAAN
Waktu Pelaksanaan Kuliah Kerja Praktek, yaitu pada tanggal 14 Januari 2013 – 8 Maret 2013.

I.   PELAKSANA
            Nama                           : Nurul Ahmad Ghozali
            NIM                            : 14030110060050
            Fakultas                       : Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
            Program & Jurusan      : D III. Hubungan Masyarakat (Public Relations)
            Alamat                                    : JL. Candi Sukuh, Rt.05 Rw.IV, Ngalian, Semarang
            Telepon                       : 085727373451
            Email                           : nurul.ahmadghozali@ymail.com




6
J.   BENTUK KEGIATAN
            Dalam melaksanakan KKP, mahasiswa diharapkan melakukan studi kasus, yaitu mengangkat suatu kasus yang dijumpai ditempat kerja praktek menjadi suatu kajian yang sesuai dengan bidang keahlian yang ada ataupun melakukan pengamatan terhadap kerja suatu proses atau aplikasi untuk kemudian dikaji sesuai dengan bidang keahlian yang dimiliki.
            Untuk mendukung Praktek Kerja Lapangan dan kajian akan dilakukan, maka dapat dikategorikan dengan beberapa metode pelaksanaan. Antara lain :
1.         Wawancara dan Diskusi
2.         Studi Pustaka
3.         Melakukan pengamatan langsung
            Sistem Praktek Kerja Lapangan yang akan dilaksanakan disesuaikan dengan kondisi lapangan yang ada, atau sesuai dengan yang ditentukan oleh pihak Hotel Ciputra Semarang. Selama melakukan KKP ini, saya akan menaati peraturan yang ditetapkan oleh pihak perusahaan, dan data-data yang diperoleh selama KKP akan dijaga kerahasiaannya dan tidak akan disebarluaskan melainkan hanya digunakan semata-mata sebagai kelengkapan penulisan laporan saja. Dan laporan tersebut telah diperiksa serta disetujui oleh pihak perusahaan.








7
K.   MATERI KKP
1.      Media Relations
·         Mahasiswa dilibatkan dalam pertemuan antara media dengan pihak Hotel Ciputra Semarang, agar mahasiswa dapat membantu dan mengamati bagaimana Hotel Ciputra Semarang dalam melakukan konferensi pers dengan media.
·         Mahasiswa dilibatkan untuk dapat membantu dan mengamati bagaimana Hotel Ciputra Semarang  membuat Press Release yaitu berita atau informasi mengenai kegiatan yang dilakukan oleh Hotel Ciputra Semarang untuk selanjutnya dipublikasikan ke media baik cetak maupun internet.
·         Mahasiswa ditugaskan untuk mencari dan menganalisis baerita yang berkaitan dengan Hotel Ciputra Semarang melalui media internet ataupun media cetak, yang nantinya akan dipilih dan di kliping untuk dijadikan arsip bagi instansi.
2.      Employee Relations
·         Mahasiswa harus dapat berinteraksi dengan para pegawai Hotel Ciputra Semarang terutama pada bagian divisi kehumasan secara langsung dalam rangka membangun hubungan yang harmonis dan menciptakan suasana kerja yang kondusif demi kenyamanan bersama. Karena Public Relations harus dapat beradaptasi dan menciptakan komunikasi yang baik dengan berbagai pihak terutama para pegawai.
·         Mahasiswa turut serta membantu melaksanakan program kehumasan pada Hotel Ciputra Semarang, serta melakukan tahap kerja humas dalam penanganan masalah ataupun krisis yang terjadi. Dimana kerja Humas yang utama adalah menyebarkan informasi kepada stakeholder antara lain masyarakat, pegawai dan wartawan.
·         Mahasiswa disertakan dalam rapat dengan berbagai divisi yang ada di Hotel Ciputra Semarang, agar mahasiswa dapat mengamati dan terbiasa dengan kegiatan yang langsung berhubungan dengan para pegawai instansi.

8
3.      Customer Relations
·         Mahasiswa dilibatkan untuk ikut serta dalam membantu pelayanan online yang dapat diakses oleh masyarakat. Diharapkan mahasiswa dapat belajar untuk memberikan solusi kepada masyarakat yang dibimbing langsung oleh pegawai atau staff yang bersangkutan.
·         Mahasiswa diberikan kesempatan untuk melakukan praktek pada divisi yang lain yakni pada sub. Bidang pelayanan konsumen pada call center 62-24 8449888, agar dapat berinteraksi langsung dan sedikit atau banyak mengetahui bagaimana menghadapi klien atau permohonan yang membutuhkan informasi.














9
L.   METODE BIMBINGAN
            Bimbingan Kuliah Kerja Praktek ini diberikan oleh :
1.      Dosen pembimbing mempunyai fungsi memberikan bimbingan secara akademis
2.      Pihak perusahaan atau instansi yang ditunjuk untuk memberikan bimbingan, pengawasan dan arahan tentang semua materi Kuliah Kerja Praktek.

M.   EVALUASI
            Evaluasi dari hasil Kuliah Kerja Praktek ini akan dilakukan oleh dosen pembimbing Kuliah Kerja Praktek yang dapat di indikasikan dalam berbagai hal. Antara lain :
1.      Moralitas mahasiswa yang meliputi kejujuran, tanggung jawab, dan disiplin selama pelaksanaan Kuliah Kerja Praktek.
2.      Pengetahuan serta keterampilan mahasiswa atas pekerjaan yang dibebankan selama pelaksanaan Kuliah Kerja Praktek.
3.      Kemampuan bersosialisasi mahasiswa dalam beradaptasi dan bekerjasama dengan organisasi atau instansi tempat pelaksanaan Kuliah Kerja Praktek.
4.      Kemampuan untuk melaksanakan tugas tepat waktu serta cermat secara professional.







        10
N.   PENUTUP
            Demikian beberapa hal yang perlu dijadikan pertimbangan dan acuan dalam kerjasama antara pengelola program D III Hubungan Masyrakat ( Public Relations ) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro Semarang agar dapat terlaksana dengan baik. Diharapkan kegiatan ini bermanfaat dan dapat memberikan ilmu pengetahuan dan pengalaman bagi kami  sebagai mahasiswa turut serta dalam menciptakan sumber daya manusia yang potensial dan professional.
Atas kerjasama dan perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.














                                                                                                                                                        11
LAMPIRAN PENGESAHAN
Diajukan guna memenuhi tugas Kuliah Kerja Praktek ( KKP )
Program Studi Hubungan Masyarakat ( Public Relations )
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro. Semarang.

                                                                                                         Semarang, 28 November 2012
                                                                                                              Dosen Pembimbing



                                                                                                      (Yanuar Luqman, S.Sos, M.Si)
                                                                                                        NIP. 19760130.200312.1.002

             Mengetahui,                                                                               Menyetujui,
       Ketua Program Studi                                     
 D III Hubungan Masyarakat
                                                                                                           


( Yanuar Luqman, S.Sos, M.Si )
  NIP. 19760130.200312.1.002
Proposal Kuliah Kerja Praktek (KKP) / Magang
Hotel Ciputra Semarang
undip.png

Disusun Oleh:
Nurul Ahmad Ghozali   (14030110060050)

D III. Hubungan Masyarakat/ Public Relations
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Diponegoro, Semarang.
2012-2013

4 comments:

  1. maaksi uda nge-share, buat referensi pengajuan proposal sy.

    ReplyDelete
  2. makasih yah...
    sangatt manfaat, buat ngajuin proposal sya..
    salam dari timika papua

    ReplyDelete